RUMAH SAINS ILMA

Jalan TPU Parakan No. 148
Pamulang - Tangerang Selatan
Banten
Telp. 021-32042545


- akan tiba saatnya berpikir ilmiah menjadi budaya bangsa ini

Petuah Minggu Ini :

"Obat penawar terbaik dari segala jenis kegagalan adalah : coba lagi"

- tak ingat, siapa yang pertama kali menyampaikan petuah ini

Minggu, 02 November 2008

Pelangi, Pelangi

Pamulang, 20 Januari 2008

Kita bisa melihat pelangi dengan menyemprotkan air di sore atau pagi hari. Eksperimen ini sudah lama aku ketahui dan pernah kulihat juga gambarnya di beberapa buku. Akan tetapi hingga setua ini aku belum pernah melakukannya. Hari ini, aku menyirami rerumputan yang kami tanam beberapa waktu lalu di bagian sebelah belakang dari lokasi Rumah Sains Ilma yang baru. Matahari jam 4 sore menyinari dengan terik dari sebelah Barat dan tak sengaja aku lihat pemandangan yang menakjubkan itu. Busur pelangi tampak dengan jelas di belakang rinai air yang kusemprotkan!

Nanti, setelah kegiatan kami pindah ke tempat yang baru ini aku akan ajak anak-anak untuk membuat pelangi seperti ini. Seru, pasti!

1 komentar:

Hamasah mengatakan...

Pelangi memang indah, dan kadang saya sebutkan sebagai keajaiaban oleh Sains pada murid-murid saya. Pekan lalu bab yang saya ajarkan tentang cahaya yang salah satunya menguraikan cahaya putih menjadi warna pelangi. Dari berbagai metode, yang berhasil saya tunjukkan pada murid-murid saya cuma dengan cermin di air dengan sudut tertentu. Yang lain, masih gagal.Adakah yang salah/