RUMAH SAINS ILMA

Jalan TPU Parakan No. 148
Pamulang - Tangerang Selatan
Banten
Telp. 021-32042545


- akan tiba saatnya berpikir ilmiah menjadi budaya bangsa ini

Petuah Minggu Ini :

"Obat penawar terbaik dari segala jenis kegagalan adalah : coba lagi"

- tak ingat, siapa yang pertama kali menyampaikan petuah ini

Senin, 02 Maret 2009

- dan Begitulah Hidup....Gasing Yang Berputar

Gasing sederhana dapat dibuat dengan mudah. Guntinglah karton sehingga membentuk lingkaran, kira-kira berdiameter 2 senti. Lubangi bagian tengahnya dan selipkan potongan tusuk gigi. Selesai.

Putarlah, maka gasing berputar dengan bertumpu pada ujung tusuk gigi. Gesekan antara ujung gasing dengan permukaan lantai atau meja akan memperlambat putaran. Sampai akhirnya gasing dan gravitasi membuatnya rebah.

Benda yang berputar akan mendapatkan gaya keluar yang melawan gaya gravitasi. Namanya gaya sentrifugal. Gaya inilah yang membuat bulan tetap pada garis edarnya dan tak terjerembab ke Bumi.

Begitu pula hidup. Jika Anda dan saya membiarkan gesekan hidup memperlambat putaran maka kita akan berhenti suatu saat nanti. Roboh. Maka bergeraklah terus. Berusahalah terus. Semakin besar gesekan berupa kesulitan-kesulitan, semakin cepat pula kita bergerak. Semakin gencar pikiran dan perasaan negatif yang membuat Anda ingin berhenti, semakin gencar pula Anda menimpalinya dengan rasa berdaya, optimisme, keyakinan, dan doa.

Tidak ada komentar: