RUMAH SAINS ILMA

Jalan TPU Parakan No. 148
Pamulang - Tangerang Selatan
Banten
Telp. 021-32042545


- akan tiba saatnya berpikir ilmiah menjadi budaya bangsa ini

Petuah Minggu Ini :

"Obat penawar terbaik dari segala jenis kegagalan adalah : coba lagi"

- tak ingat, siapa yang pertama kali menyampaikan petuah ini

Senin, 09 Maret 2009

Cairan Sensi

Eksperimen cairan sensi ditayangkan di Program Cerita Anak yang ditayangkan pada tanggal 1 Maret 2009. Videonya dapat ditonton di sini : http://www.transanak.co.id/id/nontonyuk.php?id=481

Pada tayangan itu Profesor Lebay memeragakan sebuah cairan biru yang berubah menjadi kuning setelah diledeki habis-habisan. Apakah cairan itu memang benar-benar punya perasaan sehingga berubah warna setelah diledeki? Tentu saja tidak.

Cairan sensi itu berisikan larutan indikator Bromothymolblue (BTB) di dalam larutan yang sedikit basa. Dalam kondisi ini, warnanya biru. Selama diledeki, gas karbondioksida dari nafas yang dihembuskan bereaksi dengan air dan membentuk asam karbonat (H2CO3). Kehadiran asam ini membuat kondisi larutan menjadi sedikit asam dan BTB berubah menjadi kuning.

BTB dapat dibeli di toko-toko kimia yang besar, atau kalau mau lebih mudah klik saja : http://sciencesupershop.com/index.php?main_page=product_info&cPath=68&products_id=188.

Jangan lupa tonton terus cerita anak ya. Pada episode tanggal 15 Maret Profesor Lebay akan membuat semburan naga yang dahsyat.

Tidak ada komentar: