RUMAH SAINS ILMA

Jalan TPU Parakan No. 148
Pamulang - Tangerang Selatan
Banten
Telp. 021-32042545


- akan tiba saatnya berpikir ilmiah menjadi budaya bangsa ini

Petuah Minggu Ini :

"Obat penawar terbaik dari segala jenis kegagalan adalah : coba lagi"

- tak ingat, siapa yang pertama kali menyampaikan petuah ini

Sabtu, 10 Januari 2009

Apakah Ada Logam Yang Terapung Di Air?

Umumnya kita mengira bahwa logam adalah unsur yang berat. Jadi, pastilah tenggelam di air. Kebanyakan logam memang begitu. Akan tetapi, ada 3 jenis logam yang terapung di air.
Yang pertama adalah Natrium. Massa jenis logam ini adalah 0,97 g/ml. Lebih kecil dari massa jenis air yang besarnya 1 g/ml.
Yang kedua adalah Kalium. Logam ini mempunyai massa jenis yang lebih kecil daripada Natrium, yaitu 0,87 g/ml. Ini berarti Kalium juga terapung di atas minyak goreng yang mempunyai massa jenis sekitar 0,92 g/ml.
Yang terakhir, yang memegang rekor sebagai logam paling ringan sejagad raya adalah Lithium. Logam ini mempunyai massa jenis 0,53 g/ml.
Pada tabel periodik unsur-unsur kimia, ketiga logam tersebut berada pada golongan IA. Logam yang berada pada golongan ini dikenal juga dengan sebutan logam alkali. Kesemua logam alkali sangat mudah bereaksi. Jadi, tidak mudah menemukan mereka dalam keadaan bebas.

5 komentar:

dc-09 mengatakan...

seingat saya (dulu pernah di demokan guru kimia sy 15tahun yg lalu) logam2 gol 1A/alkali (seperti Natrium) k'lo di kenakan air yg terjadi justru meledak, apa percobaan yg seperti ini justru kurang aman untuk anak2 alias bukan dapat "fun" malah "run" ?!!!

muzi mengatakan...

Ya, menambahkan logam natrium ke air memang berbahaya. Hanya boleh dilakukan oleh orang-orang yang profesional. Eksperimen ini tidak dianjurkan untuk dilakukan bersama anak-anak.

Natrium biasanya disimpan dengan cara direndam dalam minyak tanah (kerosin).

dc-09 mengatakan...

maksud saya itu pak, takutnya ada ga tau ketika baca blog ini, langsung nyoba praktek logam natrium tersebut di air, karena pembanding masajenisnya adalah air, jadi mungkin perlu di tambahkan peringatan agar berhati-hati dalam eksperimen

muzi mengatakan...

Terima kasih banget ya atas masukannya.

Unknown mengatakan...

Iya sama sama mas