RUMAH SAINS ILMA

Jalan TPU Parakan No. 148
Pamulang - Tangerang Selatan
Banten
Telp. 021-32042545


- akan tiba saatnya berpikir ilmiah menjadi budaya bangsa ini

Petuah Minggu Ini :

"Obat penawar terbaik dari segala jenis kegagalan adalah : coba lagi"

- tak ingat, siapa yang pertama kali menyampaikan petuah ini

Jumat, 04 Desember 2009

Para Guru Honorer Itu...

Para guru honorer itu menerima honor hanya 300 ribu rupiah per bulan. Bahkan ada yang cuma 150 ribu rupiah. Tapi kulihat betul kesungguhan dalam diri mereka. Ketika mengikuti pelatihan sains bersamaku dan kawanku Mas Agung Wibowo tampak sungguh semangat mereka. Hari ini (4 Des 2009) dan besok (5 Des 2009) mereka masih akan bersama mas Agung. Hari minggu lusa (6 Des) kembali bersamaku. Untuk kemudian setiap 2 minggu akan bersamaku bermain sains dengan banyak tema. Insya Allah akan ada 10 pertemuan secara keseluruhan. Kegiatan ini berhasil diselenggarakan karena kegesitan kawanku yang lain, Kang Sopyan, yang jago betul mencari dana.
Bagaimana mereka bisa bertahan dengan uang sejumlah itu untuk hidup sebulan di wilayah yang sejengkal saja dari Jakarta? Mungkin itulah bagian dari keajaiban Allah yang memang tak ada habis-habisnya.
Kupikir, berdosa sungguh diriku jika tak berbuat sesuatu. Singkat cerita, muncullah gagasan untuk mengambil sebagian hasil penjualan produk ilma dan royalty buku-bukuku untuk memulai sebuah gerakan ekonomi yang mudah-mudahan bisa membantu para guru itu. Pada saat yang sama terbayang pula anak-anak di banyak sekolah miskin yang bahkan untuk beaya fotokopipun seringkali gelagapan. Sekalian saja dana yang terkumpul (yang mudah-mudahan banyak) sebagian disalurkan untuk kegiatan sekolah mereka. Lalu terbayang pula keinginan kami yang sudah mengendap lama agar pembelajaran sains di seluruh Indonesia menjadi asyik dan menyenangkan. Salah satu cara paling efektif ialah dengan pelatihan guru. Karena aku terlibat dalam pembentukan klub guru Indonesia, pada awal-awalnya, maka melalui lembaga inilah pelatihan-pelatihan itu akan diadakan. Inilah ikhtiar. Soal hasil, terpulang kepada Ia Yang Maha Segalanya.

Tidak ada komentar: