RUMAH SAINS ILMA

Jalan TPU Parakan No. 148
Pamulang - Tangerang Selatan
Banten
Telp. 021-32042545


- akan tiba saatnya berpikir ilmiah menjadi budaya bangsa ini

Petuah Minggu Ini :

"Obat penawar terbaik dari segala jenis kegagalan adalah : coba lagi"

- tak ingat, siapa yang pertama kali menyampaikan petuah ini

Senin, 15 Februari 2010

Dialog kecilku hari ini

Tak seperti biasanya, hari ini saya ketiban rejeki menjadi fasilitator ekskul sains di sebuah SD di wilayah Karang Tengah, Lebak Bulus Jakarta Selatan. Sebuah aktivitas yang sudah amat jarang saya lakukan oleh karena sudah saatnyalah saya diganti oleh para anak muda.
Pada akhir kegiatan anak-anak diminta untuk menyelesaikan tantangan berupa kuis. Salah satu dari tantangan itu ialah membuat pertanyaan. Seperti biasa, tantangan yang satu ini dirasa paling sulit oleh anak-anak. Boleh jadi ini sebuah cerminan, bahwa bertanya belumlah menjadi ketrampilan yang diasah dengan baik oleh pendidikan di sekolah maupun di rumah.
Lalu dialog terjadi antara saya dan seorang anak perempuan, kelas 2 SD
anak : aku tidak bisa membuat pertanyaan
saya : kamu boleh bertanya apa saja. yang paling mudah saja
anak : ngga bisa
saya : wah, ternyata lebih susah buat pertanyaan daripada menjawab ya?
anak : iya
saya : bagaimana dengan Bapak dan Ibu guru yang mesti membuat pertanyaan ya?
anak : hmmh, aku nggak mau jadi guru. aku mau jadi dokter
saya : dokter perlu bertanya apa nggak?
anak : perlu
saya : jadi perlu nggak kamu berlatih bertanya supaya nanti jadi dokter yang hebat?
anak : he he. iya iya (sambil tertawa)

tak lama kemudian, ia sudah berhasil membuat pertanyaan!

Tidak ada komentar: